space iklan

space iklan masih kosong

Wednesday, January 11, 2012

2.2 Liburan ke bali

Tanggal 3-7 januari 2012 kemarin kami sekeluarga beserta rombongan dari PPA ngunut tulungagung berjumlah 22 orang (tidak termasuk kenek, sopir dan cameramen low..) liburan ke pulau dewata alias bali, Kesana naik bus kecil berangkat dr ngunut skitar jam 11.00 WIB. Molor dr jadwal sebelumnya yaitu jam 10.00 WIB (kebiasaan mayoritas orang indonesia pakai jam karet, jadi ya molor dech.. hahahaha…) dari ngunut menuju blitar bus dikemudikan oleh mas guruh atau biasa dipanggil mas bolong seorang kenek sekaligus pemandu wisata dari biro perjalanan di tulungagung karena sopir dan kameramen ada di blitar.

Setelah sampai blitar,, bertambah 2 lg personil kita yaitu sopir dan kameramen, kemudi dihandle oleh sopir yang sesungguhnya  yaitu om dandin sedangkan mas dodik sebagai kameramen,, mereka bertugas sesuai tugas masing-masing, mas bolong memandu perjalanan dengan menjelaskan berbagai hal penting terkait perjalanan dan menjelaskan kawasan yang dilalui maupun yang dituju ( penjelasannya tidak membosankan justru mencairkan suasana dengan gaya lucunya yang suka nyindir2 rombongan),,

utama raya
Di situbondo kami berhenti untuk makan malam di RM.Utama Raya menu makan saya sayur sop dengan lauk tempe dan ayam goreng kremes tak lupa sambal terasi, tak lengkap rasanya kalau makan tanpa sambel. Selain makan disana kita jga bisa mandi cucimuka dan sebagainya,, berhubung uda melem saya tidak mandi takut masuk angin, males pula wkwkwkw,,
kapal very

Perjalanan dilanjutkan melewati paiton dan kemudian sampai ke pelabuhan sekitar pukul 11.45 WIB, proses penyebrangan dr jawa ke bali membutuhkan waktu yang cukup lama, yang bikin lama adalah parkir kapal dan perpindahan waktu dr WIB ke WITA jadi ada selisih waktu 1 jam,, sebenarnya proses penyebrangan hanya skitar 30 mnit, tapi kalau dihitung - hitung dr jam 11.45 WIB + 30mnit + 1 jam = 01.15 WITA, naakarena proses penyebrangan dr tgl 3 januari pukul 11.45 WIB sampai tgl 4 januari pukul 01.15 WITA maka dapat disimpulkan proses penyebrangan dr jawa ke bali adalah 1hari… hehehhe

Akhirnya sampai pulau bali kita turun di pelabuahan, disana ada anak-anak  peminta-minta yang unik,, mereka minta uang koin untuk di lempar di laut kemudian mereka menyelam untuk mencarinya,,, padahal itu sekitar jam 01.00 dini hari low… kok gak kedinginan yak??? Berrrrrrrperjalanan dilanjutkan naik bus, untuk menuju pantai sanur harus melewati hutan lindung yang cukup panjang sekitar 3 jam lg, dihutan tersebut terdapat berbagai hewan liar dan ada hewan yang hanya bisa ditemui di pulau bali,, yaitu Jalak bali.. berhubung perjalanan menembus hutan cukup lama saya memutuskan untuk tidur,,

sanur
bcc
Tak terasa tiba-tiba bus berhenti, ternyata sudah di parkiran di kawasan pantai sanur, saya segera bergegas siapkan kamera jaket dan sebagainya kemudian menuju pantai,, suasana masih gelap sekitar jam 05.00 WITA kami menunggu matahari terbit disana,, setelah cukup lama menunggu sang fajar tidak muncul-muncul juga, ternyata matahari sedang tertutup awan,,, sayang sekali acara melihat matahari terbit gagal.. setelah suasana cukup terangkami melanjutkan perjalanan menuju hotel gatsu untuk mandi makan dan sebagainya,,

tanah lot

Dari hotel gatsu lanjut ke bali clasic center (BCC) melewati desa seni dimana banyak sekali patung-patung khas bali yang terbuat dai kayu maupun dr batu,, sampai di BCC kami disambut oleh arakan penari dan pemain musik khas bali untuk  berjalan-jalan melihat berbagai kebudayan asli bali tempoe doeloe yang masih terjaga sampai sekarang. lalu ke tempat2 belanja oleh-oleh khas di cening bagus sambil makan siang setelah makan siang belanja lagi barang2 seni pakaian dll di karang kurnia setelah capek nguras dompet perjalanan dilanjutkan ke tanah lot yang ada pura di atas pulau kecil dan ada juga pura batu bolong yang unik udah mulai gelap kami pulang ke hotel gatzu, mandi, makan seting AC 18 derajat paki selmut tebal tidur.. zzzzzztmenuju tgl 5 januari 2012
batu bolong
hulu watu 1

hulu watu 2
 Bangun tidur kuterus mandi tak lupa menggosok gigi,, lalu makan dan berangkat lg menuju hulu watu di hulu watu terdapat banyak kera yang usil mulai dari sendal, kaca mata hp dan berbagai macam asesoris harus dijaga baik-baik karena kera-kera disana sangat lihai mengngambil barang2 pengunjung. Dihulu watu terdapat pura diatas tebing yang jika melihat ke bawah langsung ada lautan menghempar. Dari hulu watu menuju tanjung benua melewati puja mandala sehingga kami mampir disana.
puja mandala

Di puja mandala terdapat 5 tempat ibadah ber jejer di satu kawasan tidak semua tempat saya masuki hanya gereja bukit doa dan wihara, di sana kami foto-foto dan sebagainya setelah bosan melihat keindahan tempat ibadah dan toleransi antar umat beragama yang masih sangat kuat.

tanjung benua
Kami lanjut ke tanjung benua dr sini naik kapal melihat dasar laut dengan ikan dan terumbuh karang yang indah menuju pulau penyu disana kita dapat ber interaksi dengan penyu dan hewan2 lainnya. Dari pulau penyu kembali ke tanjung benua untuk makan siang sam bil bersantai di pantai tanjung benua.

pulau penyu
pulau penyu 2
kuta
kuta 2
Sebenarnya saya mau mencoba parasailing tapi tidak bisa dikarenakan air laut telah surut, berhubung sudah tidak ada lagi permaianan yang mau di coba perjalanan lanjut ke pantai kuta disana saya jalan2 menyusuri pantai kemudian surfing sambil menunggu matahari terbenam.. tetapi ternyata matahari tertutup awan lagi.. hahaha masih belum beruntung.. akhirnya kami pulang saat matahari sudah terbenam sambil melihat gemerlapnya Kuta malam hari.. sampai hotel gatsu kami langsung makan mandi dan main kartu sampai laut malam lalu tidur, menjemputpletheking suryo kaping 6 ing wulan januari taun 2012”
hotel gatsu

saras resto
Kubuka mataku suasana sudah terang benderang dan aku segera packing karena malam ini sudah tidak tidur hotel lagi melainkan tidur di bus yang penuh goncangan hahahalalu barang2 saya bawa ke bts dan kemudian makan pagi,, setelah kenyang kami menuju teman joger jelek yang dikunjungi para orang-orang iseng yang mencari barang-barang jelek karena yang bagus dipake sendiri oleh yang jual.. hehehe itu kata penjualnya sendiri low… lewat pabrik kata2nya… tapi tak apa lah ke Bali tanpa beli product Joger rasanya kurang lengkap.. setelah belanja kami makan duren di depan Teman joger lalu berangkat lg menuju bedugul diperjalanan sudah berada di ketinggian sekitar 800mdpl kami berhenti makan siang di saras resto.. tempatnya lumayan asyik karena berada di dataran tinggi.
bedugul

Perut kenyang lanjut ke bedugul disana kutemui suasana seperti pada gambar yang tertera di uang Rp 50.000 ada beberapa vespa juga kutemui,, kebanyakan berwarna cerah menyala dan kulihat ada sedikit modifikasi bentuk menjadi model kongo tapi masih sangat belum mirip hohohoho..